0

Dana Pelanggan dari Berbagai Layanan Poker Dibekukan Seiring dengan Keluarnya dari Layanan di Rusia

Sudah hampir satu bulan Perang Rusia-Ukraina, berbagairaksasa idn poker online global telah menutup klien poker online PokerStars Sochi di Rusia dan pemain tidak dapat mengakses dana mereka. Raksasa poker online global PokerStars tiba-tiba keluar dari pasar poker online di Rusia, kata perusahaan itu pada Rabu malam. “Kami menangguhkan semua layanan kami di Rusia,” juru bicara PokerStars mengkonfirmasi kepada pokerfuse pada hari Kamis. “Prioritas kami saat ini adalah memastikan keselamatan dan keamanan rekan-rekan kami.”

“Kami secara aktif bekerja dengan dan mendukung orang-orang kami di lapangan di Ukraina dan Rusia,” lanjut mereka.

Menurut laporan lokal, pelanggan di wilayah tersebut tidak dapat mengakses kasir, tetapi telah diberitahu bahwa uang mereka akan terus disimpan di rekening terpisah dan “akan dikembalikan ketika situasi berubah.”

Poker Stars, anak perusahaan grup game global Flutter, pertama kali mengungkapkan kepergiannya pada hari Rabu dengan posting singkat di Twitter dari akun Poker Stars resmi: “Pembaruan penting: kami menangguhkan semua layanan kami di Rusia.”

Segera setelah itu, sebuah tweet dari akun berbahasa Rusianya menawarkan pernyataan serupa: “Kami menyesal memberi tahu Anda bahwa penyediaan layanan pada platform Poker Stars Sochi ditangguhkan.” Menanggapi satu pengguna, ia menambahkan: “Kami berharap untuk segera kembali!”

Dampak perang pada lalu lintas poker online global diperkirakan akan semakin menukik dalam beberapa hari mendatang karena setelah penarikan penuh Rusia oleh salah satu operator poker terbesar di dunia akan berdampak nyata pada jumlah pemain.

Menurut sebuah laporan dari situs berita Rusia World Poker Deals, pelanggan yang mencoba mengakses akun mereka disajikan dengan pesan yang menyatakan bahwa operator “sepenuhnya menangguhkan pekerjaan Poker Stars Sochi,” referensi ke klien poker online regional, yang, sejak terakhir Oktober, telah menjadi satu-satunya cara untuk bermain di Poker Stars di Rusia.

“Kami menjamin Anda bahwa, sesuai dengan standar perlindungan pelanggan dan kewajiban peraturan kami, dana Anda aman. Mereka disimpan dalam rekening terpisah dan tidak pernah digunakan untuk biaya operasional. Dana Anda akan dikembalikan ketika situasi berubah,” demikian bunyinya (penekanan ditambahkan).

Sanksi Baik Di Dalam maupun Di Luar Rusia Membuat Bisnis Internasional Hampir Tidak Mungkin
Jika laporan ini akurat, ini akan menjadi pertama kalinya sejak Black Friday pemain dari satu wilayah tertentu tidak dapat mengakses dana mereka atau segera memproses penarikan. Sementara penarikan dari pintu keluar telah terjadi berkali-kali di masa lalu, biasanya, pemain dapat memproses penarikan dana mereka tanpa kerumitan.

Bahkan kembali pada bulan April 2011, ketika Departemen Kehakiman AS menyita domain Poker Stars, Full Tilt Poker, dan Absolute Poker dan menutup operasi mereka di seluruh Amerika Serikat, Poker Stars berhasil mendapatkan dana kembali ke pemain dalam beberapa hari.

Langkah itu dilakukan saat invasi Rusia ke Ukraina memasuki minggu ketiga. Sanksi keuangan dan industri dari Rusia, Uni Eropa, dan Amerika Serikat terus meningkat.

Kemarin, UE mengumumkan, pihaknya memperpanjang sanksi di Rusia dan Belarus, semakin membatasi akses negara itu ke sistem transaksi keuangan global Swift dan meningkatkan larangan akses bank lokal ke pasar Eropa.

Banyak merek konsumen global telah keluar dari pasar Rusia. McDonalds, Coca-Cola, dan Starbucks menghentikan semua penjualan Rusia pada hari Rabu. Heineken menghentikan semua produksi dan penjualan bir, Mothercare menghentikan semua bisnis di pasar, dan merek rokok global telah menghentikan semua produksi. Apple, Netflix, dan Microsoft telah menghentikan semua operasi di pasar dalam dua minggu terakhir.

Pada saat yang sama, Rusia, pada Selasa malam, melarang penjualan mata uang asing, mencegah semua bank menjual dolar, euro, dan mata uang asing lainnya. Semua ini membuat lingkungan yang sangat sulit untuk dioperasikan.

Operator Poker Online Terburu-buru untuk Beradaptasi dengan Efek Global dari Perang Rusia-Ukraina

Poker News melaporkan keluarnya Rusia pada hari Rabu, membingkainya sebagai “dukungan yang jelas untuk Ukraina.”

“Bisnis seperti Poker Stars mengirim pesan kepada Putin bahwa mereka tidak menyetujui invasi di Ukraina. Mereka juga mengirim pesan ke Ukraina, salah satu dukungan penuh,” tulis Editor Senior AS, Jon Sofen.

Segera setelah pecahnya perang, Poker Stars menangguhkan acara poker langsung yang direncanakan, EPT Sochi. Ini awalnya dijadwalkan untuk 18 Maret dan kemudian didorong kembali ke Oktober. Namun, tak lama kemudian, acara tersebut dibatalkan seluruhnya. Seperti pertama kali dilaporkan oleh situs berita Belanda CasinoNieuws, dalam waktu seminggu, perusahaan telah mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa acara tersebut telah dibatalkan tanpa batas waktu.

Poker Stars terus menawarkan poker online di negara ini, bersama banyak perusahaan lain. Meskipun demikian, penangguhan berbagai opsi perbankan, ditambah gejolak di Ukraina dan Rusia, mengakibatkan lalu lintas permainan uang global anjlok. Seperti yang dilaporkan Poker Industry PRO minggu lalu, total lalu lintas turun 10% selama minggu pertama perang, mencapai level terendah empat bulan.

Lalu lintas global diperkirakan akan turun lebih jauh dalam beberapa hari mendatang, setelah penarikan Poker Stars. Ini juga dapat menyebabkan overlay yang signifikan di MTT besar, terutama turnamen idn poker buy-in yang tinggi. 20 Maret – seminggu dari hari Minggu – khususnya alat tenun: Ini adalah saat Poker Stars menjalankan Anniversary Sunday Million yang sangat ambisius dengan jaminan $10 juta, vs GGMasters “edisi overlay” GGPoker yang berani dengan jaminan $5 juta pada pembekuan pembelian $150.

Kemungkinan Keluar Lebih Banyak Diharapkan Akan Datang — Meskipun Beberapa Operator di Rusia Kemungkinan Akan Tetap Ada
Saat ini, tidak ada operator besar lainnya yang mengumumkan keluarnya dari pasar, meskipun lebih banyak lagi diharapkan akan segera menyusul.

888 poker, tampaknya, masih beroperasi di Rusia, meskipun poker fuse memahami bahwa itu juga mungkin mengumumkan kepergiannya yang tiba-tiba dalam waktu dekat. Menurut pesan yang beredar di antara pemain poker Rusia di Telegram, 888 sedang mempersiapkan jalan keluar karena “pesan paksa” yang secara efektif mencegah bisnis berlanjut.

Dalam apa yang sekarang tampak seperti langkah cerdas, party poker keluar dari pasar sepenuhnya kembali pada awal Februari, beberapa minggu sebelum pecahnya perang. Ruang poker online Ukraina PokerMatch keluar segera setelah pasukan Rusia menyerbu Ukraina. Berbagai skin poker yang lebih kecil juga telah keluar, dengan lebih banyak set untuk mengikuti.

Tidak semua operator diharapkan keluar. Jaringan GG Poker tetap beroperasi di pasar dan, hingga saat ini, belum ada sinyal bahwa keluarnya sudah dekat. Kulit khusus, PokerOK, melayani Rusia di bawah lisensi Curaçao, operasi berbeda untuk GG Poker berlisensi (di Malta) dan GG Poker di Inggris.

Ada juga kamar yang didedikasikan untuk melayani pasar Rusia, yang mungkin berharap untuk terus melayani sektor lokal mereka. Poker Dom tampaknya telah mengindikasikan bahwa ia berencana untuk melanjutkan bisnisnya. “Aplikasi” poker seperti Poker Bros, PP Poker, dan Poker King mungkin terus berfungsi di Rusia, karena semua ini dimaksudkan hanya sebagai aplikasi uang bermain — permainan yang tampaknya diatur dengan uang sungguhan melibatkan pemrosesan pembayaran offline. Penangguhan penuh Poker Stars terhadap aktivitas game online mulai berlaku segera pada Rabu malam.

Endah Rahimah

Leave a Reply